Kisi kisi UN B.Indo SMP 2017
Kisi kisi UN B.Indo SMP 2017
Bahasa
Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lingkup Materi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Level
Kognitif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Membaca Nonsastra
|
|
|
Membaca Satra
|
|
|
|
Menulis
Terbatas
|
|
|
|
Menyunting
Kata,
|
|
|
|
Menyunting
Ejaan
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kalimat,
Paragraf
|
|
|
|
dan Tanda Baca
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Pengetahuan
dan
|
|
Siswa
dapat
|
|
|
Siswa dapat
|
|
Siswa
dapat
|
|
|
|
Siswa dapat
|
|
|
Siswa dapat
|
|
|
|
|
|||||||
pemahaman
|
- menentukan
|
makna
|
-
|
menentukan makna
|
|
melengkapi istilah/kata
|
-
|
menunjukkan kata
|
|
-
|
menunjukkan
|
|
|
||||||||||||
·
|
Mengidentifikasi
|
|
kata/kalimat
|
pada teks
|
|
kata dalam
cerpen
|
|
dalam kalimat
|
|
|
|
|
yang tidak
sesuai
|
|
|
|
kesalahan
|
|
|
|
|
||||
·
|
Menentukan
|
- menentukan
|
informasi
|
|
dan fabel
|
|
|
|
|
|
|
|
kaidah
|
|
|
|
penggunaan
|
ejaan
|
|
|
|||||
·
|
Memaknai
|
|
tersurat teks
|
|
|
-
|
menentukan
makna
|
|
|
|
|
|
-
|
menunjukkan
kalimat
|
|
-
|
menunjukkan
|
|
|
||||||
|
|
|
- menentukan
|
bagian
|
|
tersurat dalam
|
|
|
|
|
|
|
|
yang tidak
sesuai
|
|
|
|
kesalahan
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
teks
|
|
|
|
cerpen dan
fabel
|
|
|
|
|
|
|
|
kaidah
|
|
|
|
penggunaan
|
tanda
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
-
|
menentukan bagian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
baca
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
cerpen dan
fabel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
Aplikasi
|
|
Siswa
dapat
|
|
|
Siswa dapat
|
|
Siswa
dapat
|
|
|
|
Siswa dapat
|
|
|
Siswa dapat
|
|
|
|
|
|||||||
·
|
Menyimpulkan
|
- menentukan ide pokok
|
-
|
menyimpulkan
|
-
|
menyusun
urutan
|
-
|
menggunakan
kata
|
|
-
|
menggunakan
|
|
|
||||||||||||
·
|
Menggunakan
|
|
teks
|
|
|
|
makna simbol
dalam
|
|
|
kalimat berbagai
|
|
|
bentukan
(mengisi
|
|
|
|
ejaan
|
|
|
|
|
||||
|
konsep/prinsip
|
- menyimpulkan isi teks
|
|
cerpen dan
fabel
|
|
|
jenis teks
|
|
|
|
|
kata sesuai
kaidah
|
|
-
|
menggunaan
|
tanda
|
|
|
|||||||
|
|
|
- menyimpulkan
|
-
|
menyimpulkan
isi
|
-
|
melengkapi
|
paragraf
|
|
|
bentukan kata)
|
|
|
|
baca
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
pendapat
pro/kontra
|
|
tersirat dalam
|
-
|
melengkapi
|
bagian
|
-
|
mengisi konjungsi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
dalam teks
|
|
|
|
cerpen/fabel
|
|
|
teks
(eksposisi,
|
|
|
dalam kalimat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
- meringkas isi teks
|
-
|
menyimpulkan
|
|
|
deskripsi,
ulasan, dan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
sebab/akibat
konflik
|
|
|
lain-lain)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
Penalaran
|
|
Siswa
dapat
|
|
|
Siswa dapat
|
|
Siswa
dapat
|
|
|
|
Siswa dapat
|
|
|
Siswa dapat
|
|
|
|
|
|||||||
·
|
Mengevaluasi
|
- membandingkan
|
-
|
membandingkan
|
-
|
memvariasikan
kata
|
-
|
memperbaiki
|
|
-
|
memperbaiki
|
|
|
|
|
||||||||||
·
|
Membandingkan
|
|
penggunaan
bahasa
|
|
pola
pengembangan
|
-
|
memvariasikan
|
|
|
kesalahan
penggunaan
|
|
|
|
kesalahan
|
|
|
|
|
|||||||
|
pola
|
|
dan pola
penyajian
|
|
cerpen dan
fabel
|
|
|
kalimat
|
|
|
|
|
kata,
kalimat, dan
|
|
|
|
penggunaan
|
ejaan
|
|
|
|||||
|
(menganalisis)
|
|
beberapa jenis
teks
|
-
|
membandingkan
|
-
|
menulis dengan
|
|
|
ketidakpaduan
|
|
-
|
memperbaiki
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar