Kisi kisi UN IPA SMP 2017
KISI KISI UN ILMU PENGETAHUAN ALAM 2017
BIOLOGI
Lingkup Materi
|
||||||||||||||
Level Kognitif
|
||||||||||||||
Makhluk hidup
dan lingkungannya
|
Struktur dan
fungsi makhluk hidup
|
|||||||||||||
Pengetahuan
dan
|
Siswa dapat
memahami dan menguasai konsep:
|
Siswa dapat
memahami dan menguasai konsep:
|
||||||||||||
Pemahaman
|
-
|
gejala alam
biotik dan abiotik
|
-
|
sistem gerak
manusia
|
||||||||||
· Mengidentifikasi
|
-
|
ciri-ciri/karakteristik makhluk
hidup
|
-
|
sistem
pencernaan manusia
|
||||||||||
· Mendeskripsikan
|
-
|
keragaman pada
sistem organisasi kehidupan
|
-
|
sistem peredaran darah manusia
|
||||||||||
·
Mengklasifikasi
|
-
|
interaksi
antara makhluk hidup dan lingkungan
|
-
|
sistem
pernapasan manusia
|
||||||||||
· Menunjukkan
|
-
|
sistem
ekskresi manusia
|
||||||||||||
· Menjelaskan
|
-
|
sistem
reproduksi manusia
|
||||||||||||
· Menentukan
|
-
|
jaringan
tumbuhan
|
||||||||||||
- kelangsungan hidup organisme
|
melalui
kemampuan
|
|||||||||||||
bereproduksi
|
||||||||||||||
-
|
pewarisan
|
sifat
|
||||||||||||
-
|
bioteknologi
|
|||||||||||||
Aplikasi
|
Siswa
dapat mengaplikasikan pengetahuan dan
|
Siswa dapat
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman
|
||||||||||||
· Memberi
contoh
|
pemahaman
tentang:
|
tentang:
|
||||||||||||
· Menyimpulkan
|
- fenomena interaksi antara makhluk hidup dan
|
-
|
faktor-faktor yang berpengaruh
|
pada kesehatan
sistem gerak
|
||||||||||
· Menerapkan
|
lingkungan
tertentu
|
manusia
|
||||||||||||
· Menghubungkan
|
- kepadatan populasi manusia
|
-
|
mekanisme
|
sistem
pencernaan manusia dan uji makanan
|
||||||||||
· Memprediksi
|
- pencemaran lingkungan
|
-
|
mekanisme
|
peredaran
darah manusia
|
||||||||||
- prosedur pengklasifikasian
makhluk hidup
|
-
|
mekanisme
|
pernapasan manusia
|
|||||||||||
· Membandingkan
|
||||||||||||||
-
|
menjaga
kesehatan sistem ekskresi manusia
|
|||||||||||||
-
|
kelainan dan
penyakit pada sistem reproduksi manusia
|
|||||||||||||
-
|
percobaan
fotosintesis
|
|||||||||||||
- kelangsungan hidup organisme
|
melalui
kemampuan
|
|||||||||||||
bereproduksi
|
||||||||||||||
- pewarisan sifat untuk pemuliaan
makhluk hidup
|
||||||||||||||
|
|
||||||||||||||
|
|
|
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
||||||||||||||
Pengukuran, zat dan sifatnya
|
Mekanika dan
Tata Surya
|
Gelombang,
Listrik dan Magnet
|
|||||||||||||
Pengetahuan
dan
|
Siswa dapat
memahami tentang:
|
Siswa dapat
memahami tentang:
|
Siswa dapat
memahami tentang:
|
||||||||||||
Pemahaman
|
-
|
pengukuran
|
-
|
gerak lurus
|
-
|
getaran dan
gelombang
|
|||||||||
·
|
Mengidentifikasi
|
-
|
besaran dan
satuan
|
-
|
hukum newton
|
-
|
bunyi
|
||||||||
·
|
Menyebutkan
|
-
|
konsep zat dan
wujudnya
|
-
|
usaha dan
energi
|
-
|
optik
|
||||||||
·
|
Menunjukkan
|
-
|
zat dan perubahannya
|
-
|
pesawat
sederhana
|
-
|
listrik dan magnet
|
||||||||
·
|
Membedakan
|
-
|
zat aditif,
zat adiktif,
|
dan
|
-
|
suhu dan kalor
|
|||||||||
·
|
Mengelompokkan
|
psikotropika
|
-
|
tekanan
|
|||||||||||
·
|
Menjelaskan
|
-
|
partikel zat
|
-
|
tata surya
|
||||||||||
- campuran
|
|||||||||||||||
-
|
larutan
|
||||||||||||||
Aplikasi
|
Siswa dapat
mengaplikasikan
|
Siswa dapat
mengaplikasikan
|
Siswa
dapat mengaplikasikan
|
||||||||||||
·
Mengklasifikasi
|
pengetahuan
tentang:
|
pengetahuan
tentang:
|
pengetahuan
tentang:
|
||||||||||||
·
Menginterpretasi
|
-
|
pengukuran
|
-
|
gerak lurus
|
-
|
getaran dan
gelombang
|
|||||||||
· Menghitung
|
-
|
konsep zat dan
wujudnya
|
-
|
hukum newton
|
-
|
bunyi
|
|||||||||
·
Mendeskripsikan
|
-
|
zat dan perubahannya
|
-
|
usaha dan
energi
|
-
|
optik
|
|||||||||
· Memprediksi
|
-
|
zat aditif,
zat adiktif,
|
dan
|
-
|
pesawat
sederhana
|
-
|
listrik dan magnet
|
||||||||
· Mengurutkan
|
psikotropika
|
-
|
suhu dan kalor
|
||||||||||||
· Membandingkan
|
-
|
partikel zat
|
-
|
tekanan
|
|||||||||||
· Menerapkan
|
-
|
campuran
|
-
|
tata surya
|
|||||||||||
· Memodifikasi
|
-
|
larutan
|
|||||||||||||
Penalaran
|
Siswa dapat
bernalar tentang:
|
Siswa dapat
bernalar tentang:
|
Siswa dapat
bernalar tentang:
|
||||||||||||
· Menemukan
|
-
|
pengukuran
|
-
|
gerak lurus
|
-
|
getaran dan
gelombang
|
|||||||||
· Menyimpulkan
|
-
|
konsep zat dan
wujudnya
|
-
|
hukum newton
|
-
|
bunyi
|
|||||||||
· Menggabungkan
|
-
|
zat dan perubahannya
|
-
|
usaha dan
energi
|
-
|
optik
|
|||||||||
· Menganalisis
|
-
|
zat aditif,
zat adiktif,
|
dan
|
-
|
pesawat
sederhana
|
-
|
listrik dan magnet
|
||||||||
· Menyelesaikan
|
psikotropika
|
-
|
tekanan
|
||||||||||||
masalah
|
-
|
partikel zat
|
-
|
suhu dan kalor
|
|||||||||||
· Merumuskan
|
-
|
campuran
|
|||||||||||||
-
|
larutan
|
Komentar
Posting Komentar